Resume Materi Hari Pertama BM Gel 25-26

Resume Materi Hari Pertama BM Gel 25-26

Nur Budianah 

Acara perdana belajar menulis ini dipandu oleh moderator keren yang memiliki sikap seperti kakak. Kenapa, karena beliau ini merangkul kita murid baru di BM gel 25-26 ini. Beliau adalah kakak kelas kita di BM, beliau lulusan dari BM gelombang 20-21. Siapa lagi kalau bukan Pak Dail Ma'ruf M.Pd. beliau siap  membantu kita sebagai adik kelasnya untuk berhasil lulus di BM gelombang 25-26 ini. Bismillah, semoga semangatnya menular padaku dan teman-teman.


Pak Dail Ma'ruf mengawali acara dengan pembacaan doa, dilanjut dengan penyampaian bionarasi pemateri.




Berikut Bionarasi singkat dari pemateri di hari perdana belajar menulis BM gelombang 25. Nama lengkap beliau Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd , Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1971. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994), pendidikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan pada tahun 2014 beliau melanjutkan pendidikan S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ dan akan selesai mendapatkan gelar doktor pendidikan pada tahun 2022 ini. Untuk mengenal lebih dekat dan mengetahui lebih lengkap siapa beliau, bisa mengunjungi langsung di https://wijayalabs.com/about.


Om Jay mengawali jalannya belajar hari ini dengan luar biasa, serius tapi santai, beliau sangat bersahabat dan welcome kepada semua muridnya di sini. Memang saya merasakan ada yang berbeda dalam grup belajar menulis ini dibanding grup belajar menulis lainnya. Di sini kita dianggap lulus apabila kita berhasil melahirkan atau menerbitkan buku solo. 


Di sini kami diberikan tugas untuk membuat resume dari berbagai rangkaian materi dalam 30 kali pertemuan belajar kami. Minimal resume yang harus kami buat sebanyak 20 dan di upload di blog masing-masing. Kami juga diwajibkan memiliki blog pribadi sebagai syarat menjadi murid di belajar menulis ini.


Belajar yang sekaligus mendapatkan berkali lipat manfaat yang didapat, ini sesuatu yang luar biasa istimewa. Bisa menulis, bisa memiliki blog pribadi dan belajar mempublikasikan dan percaya diri terhadap tulisan karya sendiri untuk dinikmati banyak orang.


Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya dapat dirasakan saat kita memiliki dan mengelola blog dengan baik. Di dalam blog kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari memasukkan foto, video dan slide presentasi dengan kapasitas file unlimited. Blog adalah buku digital yang membuat kita berlatih menulis dan menemukan ide untuk menulis. Kita menjadi penulis di blog dan sekaligus bertugas sebagai admin. Seburuk apapun tulisan kita, pasti akan disetujui oleh kita, karena kitalah adminnya.


Om Jay menyampaikan bahwa hal yang sulit dari menulis adalah memulai, menuliskan dahulu, karena dengan menulis maka ide akan datang. Beliau memulainya dengan menulis setiap hari di blog. https://www.kompasiana.com/wijayalabs.

Menulislah setiap hari maka gopay akan datang menghampiri. Di platform ini Om Jay sudah berhasil mendapatkan gopay dari tulisannya yang dikunjungi dan dibaca oleh banyak orang. Menebar manfaat dan mendapat manfaat dari tulisan karya sendiri.


Selain di platform berbayar, Om Ja juga menulis di blog gratisan seperti https:/wijayalabs.blogspot.com dan https://wijayalabs.wordpress.com.


Om Jay menyampaikan bahwa ide menulis bisa didapat dari kisah nyata dan kisah fantasi. Kita bisa menulis dari kisah nyata yang kita alami sehari-hari atau bisa juga dengan membuat cerita fantasi. Cara membuat kisah nyata menjadi sebuah tulisan adalah dengan membuat dokumentasi foto atau video. Dari sebuah foto atau video kita bisa mengembangkan ide menulis. Cobalah setiap hari membuat konten baik berupa teks, foto dan video. Lalu posting di media sosial yang kita miliki.


Kita juga bisa memasukkan video ke dalam blog. Contoh wawancara Om Jay dengan pak Warisno guru PPKn SMP Labschool Jakarta. Bisa disaksikan melalui channel YouTube berikut: https://youtu.be/Db6TQLdQq6Q.


Kita juga bisa memasukkan foto ke dalam blog gratisan kita. "Caranya? Mudah sekali. Anda bisa bertanya kepada Google.com lalu ketik cara memasukkan foto ke dalam blog. Maka anda akan menemukan caranya dengan mudah," begitu yang dikatakan Om Jay.


Di akhir kegiatan belajar, Om Jay mengajak kami praktik menulis di What's App dalam menemukan ide untuk menulis. Beliau meminta kami membuat 3 alinea di What's App group ini dari foto yang beliau tentukan. 3 orang yang tercepat menulis di di group ini akan mendapatkan hadiah buku dari Omjay. Berikut ini foto yang anda wajib tuliskan dari sudut pandang yang berbeda-beda.




Dari beberapa peserta yang mampu menyelesaikan tugas tersebut, terpilihlah 3 terbaik pilihan Om Jay. Peserta yang terpilih tersebut di antaranya adalah ibu Zainab, ibu Venice Rahayu, dan ibu elen Pakpahan. Mereka bertiga berhak mendapatkan buku dari Om Jay.


Berikut penyelesaian tugas dari peserta terpilih:


Zainab:

Setiap orang menyukai bunga dari berbagai macam bunga salah satunya bunga anggrek Bunga anggrek memiliki bermacam warna diantaranya hitam,merah dan ungu .

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang banyak disukai orang selain cantik dan menarik

Aku hanya bisa menyukai anggrek karena di daerahku anggrek sulit tumbuh dan berkembang


Venice Rahayu

Sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, namun aku hanya dapat mengatakan bahwa saat ini aku sedang bahagia. 


Saat aku mencapai teras rumahku pagi itu, aku mendapati setangkai anggrek ungu kesayanganku mekar, semekar hatiku. Beberapa saat aku terdiam mendengarkan bahasa hati yang kumiliki. Aku merasa seluruh sendiku bergetar menatap pemandangan indah dihadapanku.


Cinta telah membuatku mendapatkan yang terbaik dari apa yang sering aku khayalkan di setiap malam. Cintaku pada segala yang kumiliki telah membuatku menemukan cinta. Selamat datang engkau anggrekku yang setiap hari kuelus dengan cinta.


Elen Pakpahan

Aku tak suka bunga. Entah mengapa bunga menurutmu membuatku repot. Pernah kucoba menanam bunga, tapi aku tak sempat menyiramnya. Daunnya layu, bunganya kering, tak sedap dipandang mata.

Tapi kali ini berbeda, anggrek bulan yang ada di halaman sekolah yang kulihat pagi tadi membuatku terdiam. Kenapa baru kali ini mataku begitu terpana dengan keindahannya. Warnanya yang ungu membuatku ingin segera memilikinya, seperti keinginanku memiliki selembar uang dari Ibu. 

Ah, nanti kalau aku sudah pulang dari rumah Ibu, aku akan mampir ke took bunga untuk membeli satu pot kecil bunga anggrek bulan.

Tunggu aku anggrek bulanku. Aku akan belajar mencintaimu.


Waahhh selamat yah. Aku sendiri telat mengirimnya, saat ingin mengirim ternyata waktunya sudah selesai. Tidak apa lah, saya upload saja di tugas resume saya ini.

Berikut tugas yang saya selesaikan namun gagal dikirim, tugas Diah:

Rina seorang gadis yang lembut, ramah dan murah senyum kepada semua orang yang ia temui. Baik kepada anak-anak, laki-laki dan perempuan sebayanya serta kepada yang lebih tua.


Wajah cantik parasnya terlihat selalu tersenyum walau ia tidak sedang tersenyum.  Sehingga senyumannya ini menjadi bumerang untuk dirinya sendiri, banyak lelaki yang sering menggoda dan mengganggunya.


Rina tidak mau membuat para lelaki itu salah paham dengan senyuman yang selalu tersirat di wajahnya. Ia berusaha bersikap tegar  dan tegas bak kokohnya bunga anggrek. Namun ia tetap pancarkan cantiknya dalam balutan akhlak yang memukau.


***

Akhir kegiatan belajar ini, diakhiri dengan sesi tanya jawab. Berikut pertanyaan dari peserta dan jawaban dari Om Jay:


❓Pertanyaan pertama diajukan oleh BU Maria dari Jakarta : 

Assalamu laikum.

Selamat  malam, OmJay. Terima kasih atas kebaikan Bapak yang dengan ringan hati berbagi ilmu. Izin bertanya…

  1. Apa saja strategi menjadi blogger yang baik dan disiplin di tengah kesibukan saat ini?

  2. Bagaimana menyambung ide dalam tulisan ketika mentok pada paragraph tertentu?

  3. Bagaimana memulai tulisan sedangkan ide yang akurat belum ada?

Terima kasih OmJay . Salam sehat.


๐Ÿ”ฐJawaban Om Jay

1. Menulis falam kesibukan dengan ponsel kita

2. banyak baca tulisan orang lain

3. Menulislah dulu baru ide akan datang kepadamu. Bahkan tuliskan saja apa yang ada di kepala atau depan mata kita. Maka ide menulis akan datang.


❓Pertanyaan kedua diajukan oleh Bu Ummi Athiyyah 

Assalamu'alaikum…

Gelombang 25. Saya guru di MTs. Riyadl Rembang Jateng. 

Senang sekali bisa bergabung di kelas BM PGRI

Maaf Omjay izin tanya Bagaimana cara menemukan ide² yg menarik dlm menuis karena terkadang pikiran ini buntu tidak tahu harus menulis apa meskipun banyak yg telah kita lihat, kita dengar, maupun kita rasakan?. Mohon pencerahannya. Terimakasih Wassalamualaikum.


๐Ÿ”ฐSaya dulu mengalami hal seperti itu. Setelah 13 tahun belajar menulis saya merasakan bahwa menulis itu harus dipaksakan. Kuncinya banyak membaca dan berlatih menulis akrena menulis itu adalah sebuah keterampilan atau skill dan bukanlah bakat. Baca saja tulisan saya di https://kompasiana.com/wijayalabs.


❓ Pertanyaan ketiga diajukan oleh bu Rosida dari Riau.

Assalamu'alaikum.. Ijin bertanya bapak ๐Ÿ™ 

Sebagai penulis pemula, bagaimana kita menjadikan menulis sebagai sebuah rutinitas yang sering disaat kita mulai menulis tapi karena kesibukan lainnya, sampai tdk menulis sama sekali? 

Terimakasih ๐Ÿ™


๐Ÿ”ฐ Menulis di dalam kesibukan itu asyik. Apalagi menulisnya pakai HP jadul kayak Omjay. Jadi menulis saja dulu di media sosial kita. Kemudian posting di blog supaya dapat dikumpulkan jadi buku. Itulah cara saya menulis dalam kesibukan. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Dulu saya sering tdk menulis hal-hal penting karena kesibukan yang luar biasa. Sekarang dengan kemajuan TIK kita bisa menulis dimana saja dan kapan saja. Gunakan jemarinu untuk menulis dalam kesibukan lalu ingatlah mantra ajaib Omjay. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Salam blogger persahabatan.


❓ Pertanyaan keempat diajukan oleh pak Adil Agung.

Belum pernah menulis. kadang saya ingin menulisnya di media sosial saya. namun saya sangat malu atau tidak percaya diri sehingga apapun yang ingin saya tulis akan menghilang begitu saja. bagaimana cara saya untuk membuat diri saya percaya akan kemampuan saya dan tidak malu untuk menuangkan apa yang ingin saya tulis.


๐Ÿ”ฐCara saya menumbuhkan percaya diri dalam menulis adalah dengan memiliki dan mengelola blog pribadi. Dengan menulis di blog saya bebas menuliskan apa yang saya sukai dan kuasai. Berkat membuat blog saya menjadi percaya diri. Bahkan tugas siswa yang dulu diposting di google classroom, sekarang saya minta posting di blog. Hal ini menimbulkan dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa atau confidence. Selain itu, saya suka blog walking sehingga rasa percaya diri saya dalam menulis menjadi meningkat.


❓pertanyaan kelima diajukan oleh Bu Maesa Jakarta.

Saya bukan peserta baru akan tapi ingin lulus diangkatan ini yang sebelumnya tertunda karena beberapa kendala pertanyaannya bagaimana trik jitu membuat resume sesingkat mungkin selesai pemateri menyampaikan dan acara selesai resumepun jadi secepat kilat agar tak tertunda?

Wassalamualaikum.


๐Ÿ”ฐGampang itu. Pakai laptop dan HP. Pasti bisa selesai. Nanti akan ada materinya. Omjay belum akan menjelaskan secara detail biar penasaran di materi berikutnya. He-he-he.


❓Pertanyaan keenam diajukan oleh Bu Farida Haryati dari Jambi. 

Assalamualaikum, selamat malam, saya Izin bertanya :

1. Langkah apa yg harus dilakukan sebagai penulis blogger pemula?

2. Bagaimana cara agar pembaca tertarik untuk membaca tulisan yg kita sajikan di blog?

3. Bagaimana mengoptimalkan blog yang kita punya?

Terima kasih ๐Ÿ™


๐Ÿ”ฐ1. Belajar pada pakarnya. Di sini ada pak brian dan mr bams yg akan mengajari anda menulis di blog.

2. Bikin judul yang unik dan menarik seperti tulisan saya di

kompasiana.com/wijayalabs.

3. Cara mengoptimalkan blog adalah dengan menulia setiap hari dan menyebarkan di media sosial. Lalu rajinlah blog walking.


❓Pertanyaan ketujuh diajukan oleh Bu Rumiati dari Palangka Raya. 

Saya ingin bertanya tentang tulisan sayaengenai bunga Anggrek tadi. 

Mengapa ya saya kokenjelaskan sesuatu itu berdasarkan apa yang nampak di depan mata... Tidak memik irkan dri sudut lain?  Apa katena saya masih bingung atau gugup?  Ataukah mungkin itulah kekurangan saya dalam menulis?๐Ÿ™


๐Ÿ”ฐItu karena faktor kebiasaan saja. Nanti kalau sdh banyak berlatih pasti akan berbeda cara menuliskannya.


❓Pertanyaan kedelapan diajukan oleh pak Tuhu dari Riau ๐Ÿ™,,

Assalamualaikum wr wb,, perkenalan saya  izin bertanya,, bagaimana kah kita bisa menulis dengan rasa senang dan bisa memiliki artikel yang banyak dan panjang?


๐Ÿ”ฐJadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan seperti makan dan minum. Kalau kita tidak membaca maka kita akan lapar. Kalau kita tidak menulis maka kita akan haus.


❓Pertanyaan kesembilan diajukan oleh Sim Chung Wei, guru di saint peter School, Jakarta.

Di era digital seperti skrng, apakah jika kita menulis di kertas atau di buku kemudian di ketik ulang ke media sosial masih efektif?


๐Ÿ”ฐBisa saja. Itu malah unik. Dulu prof Conny Semiawan menulis hanya di kertas kemudian dikumpulkan oleh sekertris beliau dan jadi buku setiap beliau ulang tahun. Saat pandemi covid19 beliau meninggal karena covid19 dan setiap hari beliau menulis selama menjalani isolasi mandiri. Sekarang tulisan beliau sedang dalam proses editing penerbit.


Pertanyaan kesembilan ini menjadi pertanyaan terakhir yang diajukan oleh peserta BM, juga merupakan akhir penutup dari belajar. Pak Dail Ma'ruf meminta kesan dan pesan dari Om Jay sebagai penutup kegiatan tersebut. Berikut kesan pesan dari Om Jay:

"Pesan Omjay hanya satu. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi." 


Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com



Berikut tugas resume belajar menulis BM gelombang 25-26 yang saya selesaikan. Semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan untuk para pembaca. 


Terima kasih atas kunjungan dan komen membangun yang diberikan.



Komentar

Sigid PN mengatakan…
Keren resumenya. Jangan lupa unggah gambar Narasumber dan Moderator yang sudah dishare. Semangat terus untuk menulis dan berkarya. Salam literasi.
rosweni mengatakan…
Masya Allah bu, mantap
diah0884 mengatakan…
Baik Pak Sigid terima kasih support dan kritik sarannya, salam literasi๐Ÿ™
diah0884 mengatakan…
Masya Allah, begitu pula dengan Ibu sangat mantap
Mantap, semangat terus berkarya. Salam kenal dan salam literasi ๐Ÿ™
Novianti M mengatakan…
Mantap Bu diah, makin keliling-keliling walking blog saya makin kagum, beraneka sudut pandang yang menjadi perhatian masing-masing penulis, beraneka macam cara menyajikannya, terasa indah keberagaman ini. ๐Ÿ™๐Ÿ‘
sugiantiyunus mengatakan…
Tetap semangat untuk terus berkarya ๐Ÿ˜Š
Dail Ma'ruf Serang mengatakan…
Luar biasa resumenya. bagus. terus pertahankan dan tingkatkan. jaga semangat hingga materi ke-30. Bulan Juni saya akan terbitkan buku bersama/ antologi Guru Hebat jilid 4. Jika minat bisa japri untuk saya add di grup tsb, di 08787-1926-678
diah0884 mengatakan…
Siap semangat, salam literasi ๐Ÿ™
diah0884 mengatakan…
Masya Allah, benar banget Bu Novi, saya pun dibuat kagum dengan karya teman-teman dan merasa kerdil dan sedikit sekali diksi yang kumiliki, lalu membuatku semangat tuk memperkaya dan memperbaikinya... Terima kasih atas kunjungan dan supportnya Bu Novi. ๐Ÿ™๐Ÿคฉ๐Ÿ˜
diah0884 mengatakan…
Siap semangat, terima kasih supportnya bapak ๐Ÿ’ช☺️
diah0884 mengatakan…
Terima kasih support ya bapak, baik siap lanjut selesaikan naskahnya pak, semoga selesai sebelum DL
diah0884 mengatakan…
Terima kasih Bu Hidayati, siap semangat, ibu juga semangat ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜๐Ÿคฉ
diah0884 mengatakan…
Terim kasih Om Jay, kunjungan dan supportnya ๐Ÿ™

Postingan populer dari blog ini

Mahkota Terindah dan jubah kemuliaan untukmu Ayah, Ibu

Lentera di Hati Bintang